Jumat, 12 Juli 2013

Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau dengan gelarnya yakni 1st Baron Baden-Powell, Bt, OM, GCMG, GCVO, KCB juga dikenal sebagai BP, bipi atau Lord Baden-Powell adalah letnan satu umum di tentara, penulis, dan sekaligus sebagai pendiri Gerakan Kepanduan atau Pramuka. Robert lahir di Paddington, London pada tanggal 22 Februari 1857. Ia biasanya disapa Stephe Powell.
Dia adalah anak ke-6 dari 8.


Ayahnya seorang Pendeta bernama Baden-Powell, seorang Savilian yang mengajar geometri di Universitas Oxford dan telah memiliki empat anak dari kedua pernikahan sebelumnya.

Pada 10 Maret 1846 di Gereja St Lukas, Chelsea, Pendeta Powell menikahi Henrietta Grace Smyth yang lahir pada tanggal 3 September 1824 dan meninggal pada 13 Oktober 1914, putri sulung Laksamana William Henry Smyth dan 28 tahun lebih muda. Dengan begitu cepat lahirlah Warington (awal 1847), George (akhir 1847), Augustus (1849) dan Francis (1850). Setelah tiga anaknya meninggal ketika masih sangat muda, mereka telah memiliki Stephe, Agnes (1858) dan Baden (1860). Ketiga anak termudanya dan Augustus sering sakit-sakitan. Pendeta Powell meninggal ketika Stephe berusia tiga tahun, dan sebagai penghormatan kepadanya serta untuk mengatur anak-anaknya sendiri yang terpisah dari saudara dan sepupu, ibunya (Henrietta Grace Smyth) mengubah nama keluarga menjadi Baden-Powell. Selanjutnya, Stephe dibesarkan oleh ibunya, seorang wanita yang berketatapan bahwa anak-anaknya harus berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar